Langsung ke konten utama

Waspada OTG, Pembawa Virus Corona Terselubung

Pembawa Virus Corona Terselubung
Pembawa Virus Corona Terselubung carilahmas.com

Pembawa Virus Corona Terselubung

Carilahmas.com Pembawa Virus Corona Terselubung ,Virus corona punya banyak keunikan yang membuat penyebarannya tidak bisa diprediksi dan susah dikendalikan.

Salah satunya, dia bisa menginfeksi orang tanpa membuatnya sakit dan orang itu kemudian menyebarkannya ke yang lain, yang mungkin lebih rentan sehingga sakit parah atau bahkan meninggal.

Atau orang yang terinfeksi baru di tahap awal gejala (pre-symptomatic), sehingga tidak menyadari penyakitnya dan tetap bergaul dengan orang lain seperti biasa sebelum akhirnya tahapan yang lebih parah menimpanya.

Jadi ada dua kategori dalam hal ini, yaitu orang tanpa gejala (OTG) atau orang dalam tahap pra-gejala.

Penularan OTG adalah infeksi yang bersumber dari orang tanpa gejala dan tidak akan pernah mendapatkan gejala dari infeksi yang dialaminya. Namun, orang lain yang terinfeksi dari dia bisa sakit parah atau meninggal.

Penularan pre-symptomatic bersumber dari orang dalam tahap pra-gejala virus corona yang tidak terlihat atau merasakan sakit, tetapi si penular pada akhirnya akan mengalami gejala juga.

Bisakah kita membedakan OTG dengan orang dalam tahap pra-gejala?


Tidak bisa. Dua tipe pembawa virus itu terlihat normal saja, meskipun orang yang masuk kategori pre-symptomatic pada akhirnya akan jatuh sakit.

Bagaimana orang tanpa gejala bisa menyebarkan virus corona?


“Ketika Anda bicara, kadang ada sedikit percikan ludah,” kata Anne Rimoin, profesor epidemiologi di School of Public Health, UCLA.

“Anda menyentuh hidung, mulut atau mata, setelah itu menyentuh permukaan benda lain dan di sinilah Anda bisa menyebarkan kalau Anda memang sudah terinfeksi sebelumnya,” jelasnya.

Berapa banyak orang terinfeksi Covid-19 oleh OTG?

Pembawa Virus Corona Terselubung
Pembawa Virus Corona Terselubung carilahmas.com


Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), diperkirakan 40% penularan virus corona terjadi ketika pembawa virus belum merasa sakit.

Di Tiongkok, sebuah penelitian menyebutkan empat dari lima orang positif virus corona kemungkinan terinfeksi oleh OTG dan orang dalam tahap pra-gejala.

“Penemuan ini menjelaskan cepatnya penyebaran geografis [virus corona] dan mengindikasikan bahwa membendung laju penularan virus ini akan sangat sulit,” demikian pernyataan para peneliti.

Banyak orang terinfeksi tidak menyadarinya karena mereka masuk kategori OTG, pra-gejala, atau paucisymptomatic – yaitu orang dengan gejala yang amat sangat ringan.

Menurut CDC, sekitar setengah dari 712 orang yang terinfeksi virus corona di dalam kapal pesiar Diamond Princess tidak merasakan gejala.

Penelitian di Islandia menunjukkan 50% orang yang dinyatakan positif Covid-19 juga tidak memiliki gejala saat menjalani tes.

Bagaimana bisa begitu banyak orang menyebarkan virus corona tanpa (belum) ada gejala?


Ini karena virus corona punya masa inkubasi yang cukup lama. Masa inkubasi adalah periode antara orang terinfeksi sampai dia menunjukkan gejalanya — atau tanpa menunjukkan gejala sama sekali.

Influenza atau flu juga bisa menyebar tanpa gejala, tetapi dengan masa inkubasi yang jauh lebih singkat, umumnya satu sampai empat hari dan gejala mulai muncul dalam dua hari, menurut CDC.

Masa inkubasi virus corona antara tiga sampai 14 hari, dan gejala umumnya muncul empat hari setelah terpapar, menurut penelitian Harvard Medical School.

“Kami tahu bahwa orang yang mengidap Covid-19 bisa menularkannya dalam 48 sampai 72 jam sebelum dia sendiri mulai merasakan gejalanya,” kata para pakar di Harvard.

“Penelitian yang baru dilakukan menunjukkan bahwa kemungkinan paling besar para pengidap bisa menyebarkan virus ke orang lain dalam periode 48 jam sebelum mereka merasakan gejala.”

Mana yang lebih banyak penularannya, sebelum atau sesudah pengidap merasakan gejala?


“Para pengidap berada dalam tahap paling menular sebelum mereka menunjukkan gejala, kalau memang mereka akan memiliki gejala,” kata pakar kesehatan Amerika Dr Sanjay Gupta.

“Ini disebut periode pra-gejala. Pengidap cenderung memiliki lebih banyak virus di dalam hidung dan mulut mereka. Dan mereka bisa menyebarkannya di lingkungan sekitar.”

Setelah tahu risiko yang ditimbulkan dari OTG, bagaimana cara untuk tetap aman?


Untuk menghindari penularan yang tak terdekteksi dari OTG atau orang dalam tahap pra-gejala, formulanya jelas: pakai masker, jaga jarak, jaga higienitas tangan, dan hindari kerumunan.

click for follow us on Facebook carilamas always be updated, get Pembawa Virus Corona Terselubung  on time Share on Social Media

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nonton Live Streaming TV Online Indonesia

TranTV CNN Indonesoa CNBC TV Trans 7 Streaming RCTI TV Kompas Tv Tv One News Hope Channel TV Online Indonesia Nonton Siaran Langsung Live Streaming TransTV dan TV Online Indonesia lainnya seperti Trans7, CNN Indonesia TV, CNBC Indonesia Lancar No Buffering CNBC Indonesia Trans Tv CNN Indonesia Trans 7 RCTI TV Kompas TV TV One News (Indonesian) Live hope channel indonesia Net TV Indonesia Streaming click for follow us on Facebook  carilamas  always be updated, get berita terkini on time Share on Social Media Diduga Berselingkuh Ericko Lim Kehilangan Banyak Subscribers – Listy Chan Dipecat Jadi Brand Ambassador Masih Diliputi Bahagia Aurel Hermansyah Unggah Foto Detik-Detik Atta Halilintar Melamarnya Eewh! Pelayan Rumah Ungkap Dugaan Amber Heard BAB di Kasur dan Beri Bukti Foto yang Bikin Johnny Depp Berang Susan Bachtiar Kenang Saat Jadi Pasangan Andy Lau di Iklan 25 Tahun Lalu Barbie Kumalasari Selfie Bareng Anak Gadisnya yang Jarang Tereskpos, Dipuji Cantik oleh Netizen

DOWNLOAD FACEBOOK TWITTER VIMEO VIDEOS

DOWNLOAD FACEBOOK TWITTER VIMEO VIDEOS,Populer 5 web DOWNLOAD FACEBOOK TWITTER VIMEO VIDEOS , mp3 dari YouTube untuk PC, ponsel, android, ios gratis. Dukungan men-download semua format Video: Mp4, Mp3, 3GP, WebM, video hd dari YouTube Populer 5 Downloder 01. e-app.asia 02. www.y2mate.com/id4 03. id.savefrom.net 04. videodownloader.ummy.net/id/ 05. keepvid.ch/ Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry standard dummy text ever since the 1500s. click for follow us on Facebook  carilamas  always be updated, get Teknologi Berita on time

Konimex Dukung Masyarakat Siapkan Diri Hadapi Pandemi & New Normal

Jakarta  - Pandemi COVID-19 telah memberikan dampak yang sangat memukul masyarakat di Indonesia. Namun musibah ini pun telah membangkitkan solidaritas dalam masyarakat. Ada banyak pihak yang memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak pandemi. Salah satunya yaitu perusahaan  consumer health care & consumer goods  lokal sekaligus terbesar di Indonesia, PT Konimex. Konimex  selalu memperhatikan dan menjaga kebutuhan konsumen melalui produk-produk yang berkualitas. Dalam melawan pandemi ini,  Konimex  ikut berkontribusi melalui pendistribusian alat kesehatan, obat-obatan, dan makanan bagi tim medis dan masyarakat di berbagai daerah di Indonesia. "Sejalan dengan visi dan misi kami untuk ikut menyehatkan bangsa, kami bertekad untuk ikut ambil peran dalam upaya menanggulangi dan mencegah penyebaran virus COVID-19 lebih jauh, dimulai dari daerah di mana kantor pusat kami beroperasi dan terus meluas hingga wilayah lain di Indonesia," jelas Presiden Direktur PT