Langsung ke konten utama

Finlandia Beri Uang Rp 9 Juta Bulan pada 2 Ribu Pengangguran

[et_pb_section admin_label=”section”] [et_pb_row admin_label=”row”] [et_pb_column type=”4_4″][et_pb_text admin_label=”Text”]
Finlandia Beri Uang Rp 9 Juta Bulan pada 2 Ribu
Finlandia Beri Uang Rp 9 Juta Bulan pada 2 Ribu

Finlandia Beri Uang Rp 9 Juta Bulan pada 2 Ribu Pengangguran

Jakarta – Carilahmas.com

Penulis asal Finlandia, Tuomas Muraja, menggambarkan dirinya kurang lebih seperti “kelinci percobaan pendapatan dasar” dalam bukunya yang bercerita tentang dua tahun ia menerima uang sebesar 560 euro (sekitar Rp 9 juta) per bulannya dari pemerintah Finlandia.

Selama empat tahun jurnalis itu mencari pekerjaan tetap, menghadiri kelas-kelas yang diselenggarakan oleh pusat pencari kerja, menerima tunjangan negara, serta melakukan berbagai pekerjaan sampingan. Sampai suatu saat ia diberi tahu bahwa dirinya telah dipilih untuk menjadi bagian dari eksperimen Pendapatan Dasar Universal negara itu, yang dimulai pada 2017.

Muraja dengan gembira mengingat saat awal menjadi kelinci percobaan. “Itu sangat melegakan karena saya tidak lagi berurusan dengan segala birokrasi,” kenangnya. “Saya tidak perlu mengisi formulir apa pun atau menghadiri kelas apa pun, di mana mereka mengajarimu cara membuat CV dan semacamnya. Saya bisa berkonsentrasi pada pekerjaan saya, yaitu menulis buku dan cerita.”

Muraja benar-benar melakukannya. Dalam dua tahun itu, ia menerbitkan dua buku, menulis banyak artikel, dan melamar 80 posisi. Ia juga berbincang dengan orang-orang yang menjadi kelinci percobaan dalam program Pendapatan Dasar.

Mereka rata-rata merasa senang. Seorang perempuan bahkan berhasil mendirikan kafenya sendiri setelah mengetahui bahwa dia punya jaminan penghasilan. Lulusan universitas dapat mengambil program magang bergaji rendah untuk mendapatkan pengalaman tanpa harus merasa khawatir apakah mampu membayar tagihan bulanan.

Sempat dinilai sebagai eksperimen gagal

Namun eksperimen pendapatan dasar ini belum mendapatkan banyak dukungan, baik di Finlandia maupun di luar negeri. Laporan awal menyebut skema itu “gagal.” Namun, klaim ini ditolak oleh Minne Ylikanno, peneliti senior di Lembaga Asuransi Sosial Finlandia (Kela).

“Saya mengatakan eksperimen itu sukses,” katanya. “Tidak ada negara lain di dunia yang menerapkan pendapatan dasar nasional berdasarkan undang-undang.”

Temuan ini didasarkan pada pembandingan 2.000 peserta yang menganggur yang telah menerima uang sebesar 560 euro per bulan dari Januari 2017 hingga Desember 2018 dengan kelompok kontrol sebanyak 173.000 orang yang tidak menerimanya. Secara statistik, hanya ada perbedaan kecil antara kelompok studi dan kelompok kontrol dalam jumlah orang yang mendapatkan pekerjaan setelah dua tahun.

Tingkat stres dan rasa tidak aman pada kelompok orang-orang yang menerima uang sebesar 560 euro per bulan juga dilaporkan lebih rendah.

Ide meluas ke luar negeri

Namun, pemerintah dan politisi yang meneliti seberapa layak pemberian pendapatan dasar masih berfokus pada ongkos kebijakan tersebut. Itu adalah salah satu pertimbangan yang diajukan oleh Profesor Bernhard Neumrker, Direktur Departemen Kebijakan Ekonomi, Universitas Freiburg yang juga pendukung diberlakukannya pendapatan dasar universal.

“Jika menyangkut pendapatan dasar, sains masih tertinggal jauh di belakang,” ujar Profesor Meumrker. “Para politisi merasa tidak yakin tentang hal itu, jadi mereka gunakan argumen yang mudah, seperti mengatakan semua orang akan jadi malas atau tidak ada dana untuk membiayainya. Maka kasusnya ditutup, berganti topik berikutnya.”

Tetapi dia berpendapat bahwa tekanan publik yang meningkat dapat memaksa politisi untuk mulai berpikir dengan cara yang berbeda terkait masalah ini, terutama setelah adanya krisis akibat wabah corona.

“Jerman dan negara-negara Uni Eropa lainnya berpendapat semuanya berjalan baik-baik saja tanpa adanya program penghasilan dasar,” kata Profesor Neumrker, “jadi mengapa harus memilikinya?”

“Sekarang krisis telah menunjukkan hal-hal yang menjadi serius bagi sistem negara kesejahteraan yang bersifat tradisional dan menurut hemat saya sudah ketinggalan zaman,” ujarnya. Ia berpendapat bahwa jika diatur secara layak, pendapatan dasar bisa menjadi salah satu dari beberapa model yang menjanjikan dan berkelanjutan untuk ekonomi pasar modern dalam menghadapi digitalisasi, perkembangan baru, dan krisis.

Memang, eksperimen Finlandia ini masih berupa tahap awal, tetapi telah memberikan inspirasi di berbagai negara. Spanyol mulai menawarkan semacam bentuk penghasilan dasar kepada orang miskin yang kehilangan pekerjaan karena wabah corona. Kenya juga sedang melakukan studi selama 12 tahun terkait hal ini.

“Finlandia akan terus bereksperimen dalam kebijakan sosial,” demikian prediksi Muraja, “Ini adalah hal yang baik.”

click for follow us on Facebook carilamas always be updated, get Gosib on time

[/et_pb_text][/et_pb_column] [/et_pb_row] [/et_pb_section]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nonton Live Streaming TV Online Indonesia

TranTV CNN Indonesoa CNBC TV Trans 7 Streaming RCTI TV Kompas Tv Tv One News Hope Channel TV Online Indonesia Nonton Siaran Langsung Live Streaming TransTV dan TV Online Indonesia lainnya seperti Trans7, CNN Indonesia TV, CNBC Indonesia Lancar No Buffering CNBC Indonesia Trans Tv CNN Indonesia Trans 7 RCTI TV Kompas TV TV One News (Indonesian) Live hope channel indonesia Net TV Indonesia Streaming click for follow us on Facebook  carilamas  always be updated, get berita terkini on time Share on Social Media Diduga Berselingkuh Ericko Lim Kehilangan Banyak Subscribers – Listy Chan Dipecat Jadi Brand Ambassador Masih Diliputi Bahagia Aurel Hermansyah Unggah Foto Detik-Detik Atta Halilintar Melamarnya Eewh! Pelayan Rumah Ungkap Dugaan Amber Heard BAB di Kasur dan Beri Bukti Foto yang Bikin Johnny Depp Berang Susan Bachtiar Kenang Saat Jadi Pasangan Andy Lau di Iklan 25 Tahun Lalu Barbie Kumalasari Selfie Bareng Anak Gadisnya yang Jarang Tereskpos, Dipuji Cantik oleh Netizen

DOWNLOAD FACEBOOK TWITTER VIMEO VIDEOS

DOWNLOAD FACEBOOK TWITTER VIMEO VIDEOS,Populer 5 web DOWNLOAD FACEBOOK TWITTER VIMEO VIDEOS , mp3 dari YouTube untuk PC, ponsel, android, ios gratis. Dukungan men-download semua format Video: Mp4, Mp3, 3GP, WebM, video hd dari YouTube Populer 5 Downloder 01. e-app.asia 02. www.y2mate.com/id4 03. id.savefrom.net 04. videodownloader.ummy.net/id/ 05. keepvid.ch/ Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry standard dummy text ever since the 1500s. click for follow us on Facebook  carilamas  always be updated, get Teknologi Berita on time

Konimex Dukung Masyarakat Siapkan Diri Hadapi Pandemi & New Normal

Jakarta  - Pandemi COVID-19 telah memberikan dampak yang sangat memukul masyarakat di Indonesia. Namun musibah ini pun telah membangkitkan solidaritas dalam masyarakat. Ada banyak pihak yang memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak pandemi. Salah satunya yaitu perusahaan  consumer health care & consumer goods  lokal sekaligus terbesar di Indonesia, PT Konimex. Konimex  selalu memperhatikan dan menjaga kebutuhan konsumen melalui produk-produk yang berkualitas. Dalam melawan pandemi ini,  Konimex  ikut berkontribusi melalui pendistribusian alat kesehatan, obat-obatan, dan makanan bagi tim medis dan masyarakat di berbagai daerah di Indonesia. "Sejalan dengan visi dan misi kami untuk ikut menyehatkan bangsa, kami bertekad untuk ikut ambil peran dalam upaya menanggulangi dan mencegah penyebaran virus COVID-19 lebih jauh, dimulai dari daerah di mana kantor pusat kami beroperasi dan terus meluas hingga wilayah lain di Indonesia," jelas Presiden Direktur PT